Layaknya grup Facebook, fitur Komunitas di Twitter mengumpulkan pengguna dengan ketertarikan dan minat yang sama.Kredit gambar: techbriefly.com

Twitter meluncurkan fitur komunitas terbaru yang siap menyaingi grup Facebook dan Reddit. Dalam fitur komunitas ini, nantinya pengguna bisa bergabung dengan beberapa orang yang memiliki minat yang sama.

Fitur komunitas ini sudah bisa digunakan sejak Rabu (8/9) kemarin. Penggunaan fitur komunitas Twitter hampir sama dengan grup Facebook. Di mana jika sudah bergabung dengan komunitas, maka pengguna bisa melakukan Tweet untuk pengguna lain yang ada dalam komunitas tersebut.

Nantinya, hanya anggota yang ada di dalam komunitas tersebut yang bisa menyukai dan membalas cuitan. Tidak hanya itu, setiap komunitas Twitter harus memiliki moderator yang bertugas menetapkan aturan dan mengundang atau menghapus anggota komunitas.

Untuk pengenalan fitur ini, Twitter menggundang beberapa pengguna untuk membuat komunitas pertama, dan mengizinkan siapa pun untuk membuat komunitas mereka masing-masing.

Namun, saat ini untuk bergabung dengan komunitas Twitter, hanya bisa melalui undangan anggota atau moderator saja. Twitter pun menyebut akan terus melakukan penyempurnaan agar pengguna bisa menemukan komunitas yang sesuai dan mengajukan untuk bergabung.

“Untuk saat ini komunitas hanya untuk mengundang saja. Akan tetapi kami sedang mengupayakan cara agar pengguna menemukan dan bergabung dengan komunitas yang mereka inginkan untuk menjadi bagiannya,” ujar Twitter dalam sebuah pernyataan, dilansir dari The Verge, Kamis (9/9).

Karena hanya bisa bergabung ketika mendapatkan undangan, maka rasanya bergabung dengan komunitas di Twitter ini lebih sulit dibandingkan dengan grup Facebook dan Subreddit.

Namun, dengan adanya fitur komunitas ini, Twitter sepertinya terus berupaya menyatukan pengguna dengan minat yang khusus dalam satu kelompok khusus.

Nantinya, fitur komunitas ini akan berada di bilah navigasi utama aplikasi selular. Bagi pengguna iOS, bisa mengaksesnya melalui tab di bilah navigasi.

Baca Juga  Masjid Ramlie Musofa Jakarta Utara

Sementara pengguna Twitter web, akan melihat tab komunitas di bilah sisi. Sedangkan pengguna Android, saat ini belum bisa menikmati fitur ini, namun dalam keterangannya Twitter menyebutkan fitur ini akan segera hadir untuk Android.

Sebelumnya, Twitter terus melakukan inovasi agar pengguna bisa kembali membuka Twitter karena menemukan hal yang relevan dengan pengguna. Guna mengatasi hal ini, Twitter juga sempat merilis prioritas topik yang direkomendasikan, agar pengguna bisa menemukan hal yang ia sukai.

Twitter kemudian mulai merancang menghadirkan fitur komunitas sejak Februari lalu. Saat itu, dalam sebuah presentasi kepada investor, Twitter mengatakan akan membuat fitur komunitas.

Fitur komunitas sendiri bertujuan untuk membuat pengguna lebih mudah menemukan, membentuk, dan berpartisipasi dalam sebuah bercakapan yang relevan dengan pengguna lain. Baik relevan dalam soal minat, maupun geografi.

Dengan demikian, fitur komunitas yang dibuat Twitter juga menyerupai aplikasi Nextdoor, yang menyarankan grup untuk pengguna yang berada di suatu kota atau lingkungan tertentu.

Fitur komunitas menjadi salah satu fitur terbaru dari Twitter selama setahun terakhir. Sebelumnya, Twitter juga baru memperkenalkan fitur terbaru seperti mengarsipkan tweet lama dan tweet berbayar. Jika kamu masih penasaran dengan berita terbaru twitter maupun sosial media lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi https://gragehotels.co.id/ untuk mendapatkan informasi lengkapnya disana.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *