Dalam rangka mendukung optimasi layanan telekomunikasi seliler di Indonesia, pemerintah melalui kementerian komunikasi dan informatika atau kominfo mencanangkan upaya untuk menghentikan semua bentuk siaran televise analog di Indonesia yang artinya tontonan masyarakat pada nantinya akan dialihkan semua ke tv digital. Adapun proses migrasi tersebut akan dilakukan bertahap mulai dari 17 agustus 2021, namun itu mungkin tidak akan berpengaruh banyak bagi pengguna tv keluaran baru atau yang sudah menggunakan sumber sinyal digital tapi mungkin akan berbeda bagi pengguna tv analog. Maka untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, ada baiknya untuk menyimak beberapa Perbedaan tv digital dan tv analog yang wajib kamu tahu berikut ini.

1. Bentuk fisik

Secara bentuk sebetulnya sudah terlihat sekali perbedaan antara tv digital dengan tv analog, yang paling terlihat signifikan adalah dari bentuk fisiknya di mana tv digital sudah dibuat dengan bentuk yang ramping dan lebih tipis, sedangkan tv analog masih berukuran besar dan berat serta kebanyakan masih menggunakan tabung di belakangnya. Perbedaan dalam bentuknya juga terlihat pada layar dari tv tersebut di mana tv digital sudah menggunakan teknologi layar LCD atau bahkan LED, sedangkan tv analog masih cenderung menggunakan layar cembung meski terkadang ada juga yang sudah dibekali dengan layar datar.

2. Penangkap sinyal

Meski tidak dapat dilihat secara fisik namun fitur seperti penangkap sinyal ini bisa ditemukan pada menu pencarian sinyal maupun di dalam manual book dalam pembelian tv tersebut, tv digital telah dibekali dengan fitur pendukung untuk pencarian sinyal siaran digital atau kamu juga bisa menambahkan set top box DVB T2 sebagai alat untuk mengakses siaran digital di tv LED maupun LCD biasa termasuk untuk tv analog, melalui teknologi inilah kamu bisa menangkap sinyal siaran digital.

3. Kualitas gambar

Yang paling terlihat perbedaannya pada suguhan tampilannya adalah pada kualitas dari gambar dan suara itu sendiri di mana siaran digital akan menampilkan kualitas yang jauh lebih jernih dibandingkan dengan siaran analog, mendukung resolusi tinggi mulai dari HD hingga 4K, bahkan ada beberapa tv digital yang telah dilengkapi dengan teknologi surround sound yang akan memanjakan telingamu.

Nah itulah beberapa perbedaan mengenai tv digital dan tv analog. Untuk informasi menarik tentang teknologi lainnya, kalian bisa mengunjungi metroandalas.co.id.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *