Masjid Ramlie Musofa Jakarta Utara – Masjid Ramlie Musofa merupakan sebuah masjid cantik yang didominasi warna putih yang terletak di Jalan Danau Sunter Selatan 1 blok 1 10 nomor 12 C 14 A, bagi anda yang baru melihatnya pasti akan melihat masjid serupa. Dengan Taj Mahal di India.

1. Nama masjid berasal dari keluarga

Nama masjid tersebut adalah Ramlie Musofa. Nama keluarga diambil untuk nama masjid tersebut. Harapannya selama masjid ini masih berfungsi insyaallah pahala bisa terus mengalir untuk keluarga. Selain pemiliknya, Haji Ramli Rasidin juga sangat mencintai keluarganya dan menunjukkan kecintaannya pada masjid.

2. Tempat wudhu memiliki tempat duduk

Diketahui bahwa tempat mengambil air wudhu di masjid ini terdapat tempat duduknya. Hal ini diwujudkan untuk memudahkan penyandang disabilitas dan lanjut usia dalam berwudhu. Selain itu, di ruang wudhu terdapat tata cara wudhu tertulis dalam bahasa Indonesia. Mengenai hal ini dimaknai untuk memudahkan seseorang yang baru saja memeluk agama Islam atau mualaf dalam menjalankan kewajibannya jika tidak fasih berbahasa Arab. Oleh karena itu, di dindingnya tertulis doa sebelum dan sesudah wudhu serta tata cara wudhu.

3. Ada dua lift

Terdapat juga dua buah lift yang diperuntukan untuk memudahkan para lansia yaitu ibu hamil dan penyandang disabilitas yang ingin beribadah di Masjid Ramlie Musofa.Pengelola dan Imam Masjid Sholehuddin mengatakan, keberadaan lift juga digunakan sendiri oleh pemiliknya saat berkunjung ke masjidnya. Pak Haji Ramli juga pakai,” kata Sholehuddin.

4. Tiga Bahasa

Di bagian depan masjid terdapat huruf Al-Fatihah yang diukir di kiri-kanan dinding tangga.Ada tiga bahasa yang digunakan di sana, yaitu bahasa Arab, Indonesia, dan Mandarin.Tujuannya untuk memudahkan para mualaf dan turis asing asal China yang ingin berkunjung ke Masjid Ramli Musofa.

5. Pemilik seorang mualaf

Haji Ramli Rasidin adalah seorang mualaf yang juga merupakan keturunan Aceh. Saat berusia 19 tahun, Haji Ramli memutuskan masuk Islam. Dan sebagai bukti kecintaannya kepada Allah swt, pembangunan Masjid Ramlie Musofa. Bentuk cinta dalam keluarga juga terlihat pada penamaan masjid yang berasal dari potongan atau penggalan nama anggota keluarga. Pada tahun 2011 pembangunan masjid yang terletak di atas lahan seluas 2.000 m2 ini mulai dilakukan.Kemudian masjid selesai dibangun pada 2016.

Ya, jadi seperti itulah bagaimana Masjid Ramlie Musofa Jakarta Utara bisa terbangun. Tetapi dengan kemewahan dan kemegahan masjid ini, kita menjadi lupa karena masih banyak masjid-masjid didesa memerlukan bantuan dan uluran tangan kita untuk membangun serta merenovasi masjid disana sehingga dapat dengan layak menjadi tempat beribadah umat muslim didesa hingga pelosok-pelosok daerah. Jika anda ingin berpartisipasi untuk membangun masjid didesa-desa, anda bisa langsung mengunjungi website https://masjidpedesaan.or.id yang membantu menyalurkan dana yang terkumpul hingga bisa membuat masjid untuk desa-desa terpencil agar warga muslim disana bisa beribadah dengan nyaman.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *